iklan banner

Jenis Port Jaringan

Neo Computer ~ Mungkin sebagian dari kita sudah tidak asing dengan istilah port number, tapi bagi yang belum tahu port adalah sebuah lubang yang memungkinkan suatu (data) untuk memasukinya. Komputer bisa dikatakan memiliki 2 macam port, yaitu port fisik dan port perangkat lunak. Port fisik adalah slot yang ada pada bagian belakang CPU, sedangkan port perangkat lunak adalah port yang dipakai oleh software saat melakukan koneksi dengan komputer lain.


Nah yang berhubungan langsung dengan kegiatan kita pada saat bermain dengan internet adalah port perangkat lunak. Port perangkat lunak ini dapat kita bedakan menjadi 3, yaitu:
  1. Well Known Port

    Port jenis ini memiliki range 0-1023, semula hanya memiliki range 0-255 tapi oleh IANA (Internet Assigned Number Authority) dilebarkan menjadi range 0-1023. Pada kebanyakan sistem port pada range ini hanya dapat dipakai oleh root, atau oleh program yang dijalankan oleh user. Karena range-nya 0-1023 maka port-port seperti ftp(21),ssh(22),telnet(23),http(80) termasuk dalam jenis ini.

  2. Registered Ports

    Memiliki range dari 1024-49151, port jenis ini tidak ditujukan untuk service tertentu dari suatu server. Port pada range ini biasanya digunakan oleh Networking utilities seperti Browser, Email Client, FTP software untuk berkomunikasi dengan remote server. Biasanya Networking utilities akan membuka secara acak port pada range ini untuk terhubung dengan remote server. Port number pada range inilah yang membuat kita dapat melakukan surfing di internet, melakukan pengecekan e-mail, dll, dsb, dst. Port ini akan membuka sementara ketika kita sedang menjalankan sebuah aplikasi sehingga apabila kita menutup aplikasi tersebut maka secara otomatis port ini pun akan tertutup dengan sendirinya (Ingat! Networking utilities membukanya secara acak)

  3. The Dynamic/Private Ports

    Memiliki range 49152-65535, biasanya digunakan oleh sebagian besar trojan, tapi ada juga program yang memakai port ini terutama program yang memerlukan range port number yang besar, seperti pada program yang menjalankan RPC pada port 32768.