iklan banner

Perawatan Warnet Yang Harus Dilakukan Secara Rutin

Neo Computer ~ Bila dibandingkan pemakaian komputer warnet dengan komputer pribadi / rumahan atau komputer kantor sungguh jauh berbeda. Komputer warnet dituntut untuk beroperasi dalam waktu yang lebih lama sehingga resiko kerusakan semakin besar pula. Dilihat dari cara pemakaiannya maka diperlukan perawatan atau maintenance yang rutin agar ketahanannya lebih lama dan tidak cepat rusak. Selain menjaga keawetannya, performa komputer warnet tidak cepat menurun agar tidak mengecewakan pelanggan warnet.


Berikut hal-hal yang harus dilakukan dalam perawatan warnet:

1. Bersihkan komputer dari debu dan kotoran
Bersihkan komputer dari debu dan kotoran menggunakan alat penghisap debu, misalnya 1 minggu sekali. Tanpa disadari atau tidak debu dan kotoran masuk ke dalam PC yang mengakibatkan slot-slot yang ada di motherboard komputer seperti RAM, Processor, PCI, slot VGA card ataupun slot lainnya menjadi kotor dan mengganggu kerja komputer. Komputer akan sering mati sendiri, restart sendiri, mati total, dan kerusakan kerusakan lainnya.

2. Defrag & scan hardisk
Komputer yang sering digunakan khususnya komputer warnet sebaiknya defrag & scan hardisk secara rutin minimal 1 kali dalam sebulan. Hal ini bertujuan agar file-file di dalam hardisk tertata dan mengurutkannya berdasarkan jenis file sedemikian rupa sehingga proses kerja hardisk menjadi lebih ringan dan hardisk komputer awet dipakai untuk jangka waktu yang cukup lama.

3. Bersihkan file Temporary dan file-file sampah lainnya
File Temporary dan file-file sampah yang menumpuk akan menyita ruang hardisk yang menyebabkan performa pembacaan dan penulisan hardisk menjadi turun. Oleh sebab itu bersihkan file temporary dan file-file lain yang tidak berguna secara rutin.

4. Matikan (shutdown) komputer secara benar
Hal yang satu ini sering luput dari perhatian. Seringkali pelanggan warnet menekan tobol "reset" untuk mematikan komputer, bertujuan agar sesi yang masih berjalan segera berakhir dan tidak diambil alih oleh pelanggan berikutnya yang menggunakan komputer yang sama, misal sesi web media sosial seperti Facebook ataupun sesi game yang sedang dimainkan pelanggan. Padahal cara tersebut sangat tidak dibenarkan karena beresiko merusak hardisk atau hardware lainnya. Mematikan komputer yang wajar adalah dengan cara klik tombol Shutdown pada start menu Windows dan menunggunya hingga mati sendiri. Jangan terbiasa mematikan komputer secara langsung tanpa melalui Shutdown.

5. Update antivirus
Antivirus terbaik adalah antivirus yang sering diupdate. Walaupun menggunakan antivirus premium namun tidak pernah update, maka itu sangat sia-sia. Updatelah antivirus secara rutin agar virus-virus jenis baru akan dapat dikenali.

6. Update game
Pelanggan warnet khususnya para gamer pastinya akan sangat puas jika game di warnet selalu terupdate. Mereka tidak perlu menunggu lama hanya untuk mengupdate game yang akan dimainkannya.

7. Update browser dan plugin
Browser yang tidak terupdate pastinya tidak akan maksimal dalam menampilkan konten-konten dari suatu website yang sedang dibuka oleh pelanggan. Bukan hanya browser yang harus diupdate, pluginnya seperti flash player dan java runtime juga harus terupdate versi terbaru.